RPP TIK BERKARAKTER SMPN 10 MATARAM



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs
:
SMP Negeri 10 Mataram
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / I
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator
:
§  Menjelaskan pengertian internet
§  Menjelaskan pengertian intranet
(Penerapan karakter religius, kerja keras, rasa ingin tahu, dan rasa  tanggung jawab)
Alokasi Waktu
:
 2  x  40 menit
1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
·         Menjelaskan pengertian internet dengan benar
·         Menjelaskan pengertian intranet dengan benar
2.      Materi Pembelajaran
·         Pengertian Internet dan intranet
3.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         :
Ceramah berfariasi              
Cooperatif learning
Tanya jawab
4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan kesatu
a.   Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi  : Guru membimbing siswa untuk berdoa, dan mengucapkan salam, penilaian relegius.
Menanyakan kepada peserta didik macam-macam teknologi informasi
  Guru mencoba menanyakan pertanyaan dasar, apa saja kegunaan internet yang dipahami oleh siswa.
-    Motifasi        :  Guru mengajak siswa membuka buku paket dan LKS untuk mencari  informasi dasar tentang internet dan intranet
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan metode pembelajaran yang akan diterapkan hari ini
b.  Kegiatan Inti
·         Guru mengarahkan siswa agar membentuk beberapa kelompok kecil dengan 4 anggota untuk mediskusikan materi yang akan diberikan.
·         Guru memberikan beberapa materi yang akan dibahas masing masing kelompok antara lain :
~ Kelompok 1, 2, 3, 4 : menemukan pengertiam internet beserta manfaatnya.
~ Kelompok 5, 6, 7, 8 : menemukan pengertiam intranet beserta manfaatnya, penilaian rasa ingin tahu.
~ Kelompok 1 s/d 8 coba mencari perbedaan antara internet dengan intranet, penilaian kerja keras.
·         Guru memandu jalannya diskusi kelompok
·         Setelah selesai berdiskusi kelompok, guru memilih 1 siswa dari masing masing kelompok yang mengerjakan materi berbeda secara acak, untuk menjadi tutor sebaya, mencoba menjelaskan hasil dari masing masing kelompoknya kepada kelompok yang lain, penilaian kerja keras.
·         Setelah 1 tutor sebaya menjelaskan hasil diskusinya tersebut kepada kelompok lain, guru memintanya kembali kekelompok semula.
·         Hasil diskusi kelompok tadi dipresentasikan di depan kelas dengan cara membacakan atau menuliskan dipapan tulis, dipilih secara acak oleh guru, penilaian rasa tanggung jawab.
·         Kelompok lain menanggapi hasil kerja kelompok lain
·         Guru memberikan penguatan sertaa menyimpulkan jawaban hasil belajar siswa.
c. Kegiatan penutup
·         Masing masing kelompok mengumpulkan hasil diskusinya, penilaian rasa tanggung jawab.
·         Guru mengucapkan salam seagai akhir daripertemuan pembelajaran, penilaian relegius.
5.      Sumber Belajar
       Buku paket TIK kelas IX pengarang Henrry Pandia, Penerbit Erlangga,
Lembar kerja siswa
6.      Penilaian
1. Teknik
      Observasi diskusi kelompok
      Tanya jawab
2. Bentuk Instrumen
      Lembar observasi diskusi kelompok
      Lembar soal tanya jawab

3. Instrumen/Soal
No
Uraian Soal
Ket
1.
2.
3.
4.
5.

Jelaskan yang kalian ketahui tentang internet!
Sebutkan 3 kegunaan internet!
Jelaskan yang kalian ketahui tentang intranet!
Sebutkan 3 kegunaan intranet!
Jelaskan 2 perbedaan internet dengan intranet!

     
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

No Absn
Nama Siswa

Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
1







2







3







4







5







6









Aspek yang dinilai :
1.     Ketepatan jawaban dan kerapian tugas diskusi
2.     Tanggung jawab individu.
3.     Kemampuan mengajukan pertanyaan.
4.     Keberanian berpendapat.
5.     Kemampuan memberikan kritik/sanggahan

Penskoran:                                         Jumlah skor :
Tidak Baik                  Skor 1              A. 24 - 30 = Sangat Baik
Kurang Baik                Skor 2              B. 18 - 23 = Baik
Cukup Baik                 Skor 3              C. 12 - 17 = Cukup
Baik                             Skor 4               D.  6 - 11 = Kurang
Sangat Baik                 Skor 5


Mengetahui:
Kepala Sekolah,




P A A T, S.Pd


Mataram,   Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,




IMAM ZULKARNAIN. SE,.S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs
:
SMP Negeri 10 Mataram
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / I
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/Intranet
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator
:
§  Menjelaskan pengertian internet
§  Menjelaskan pengertian intranet
(Penerapan karakter religious, kerja keras, rasa ingin tahu, dan rasa  tanggung jawab)
Alokasi Waktu
:
 2  x  40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
·         Menjelaskan pengertian internet dengan benar
·         Menjelaskan pengertian intranet dengan benar
2.      Materi Pembelajaran
·         Pengertian Internet dan intranet
3.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         :
Ceramah berfariasi
Penugasan                           
Tanya jawab
4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan kedua
a.   Kegiatan pendahuluan
-          Apersepsi :  Guru membimbing siswa untuk berdoa, dan mengucapkan salam, penilaian relegius.
Guru menanyakan pengertian internet dan intranet yang dibahas minggu lalu.       
               -     Motifasi     :  Guru mengajak siswa membuka buku paket dan LKS untuk melihat tampilan internet dan intranet.
                                          Guru menjelaskan materi pelajaran dan metode pembelajaran yang akan digunakan hari ini.
b.   Kegiatan Inti
·         Guru mengarahkan siswa agar membuka dan membaca buku paket TIK atau buku panduan yang digunakan halaman 10 s/d 14 pengarang Henrry Pandia, Penerbit Erlangga,
·         Guru mengarahkan siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada buku paket, antara lain :
~   Siswa mengerjakan latihan soal pilihan ganda dan soal uraian yang ada pada buku paket TIK kelas IX hal 15 dan 16, Penilaian rasa ingin tahu, dan kerja keras.
~    Guru memandu jalannya proses pembelajaran
·         Siswa melaporkan hasil belajarnya
·         Guru memilih beberapa perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil belajar didepan kelas, dengan cara membacanya ataupun menulisnya di papan tulis, penilaian rasa tanggung jawab.
·         Siswa  lain menanggapi hasil kerja temannya
·         Guru melakukan proses tanya jawab.
·         Guru memberikan penguatan serta menyimpulkan jawaban hasil jawaban belajar siswa.
·         Masing masing siswa mengumpulkan hasil latihannya, penilaian rasa tanggung jawab.
c.       Kegiatan penutup
·         Guru mengucapkan salam seagai akhir dariper temuan pembelajaran, penilaian relegius.
5.      Sumber Belajar
      Buku paket TIK kelas IX pengarang Henrry Pandia, Penerbit Erlangga,
Lembar kerja siswa

6.      Penilaian
1. Teknik
      Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
            Uraian
            Pilihan Ganda
 3. Instrumen/Soal
No
Uraian Soal
Ket
1.
2.
3.
4.
5.
Sebutkan 3 keuntungan internet di bidang perdagangan bagi perusahaan!
Sebutkan 3 keuntungan internet di bidang perdagangan bagi konsumen!
Sebutkan 3 keuntungan internet di bidang perbankan bagi pihak bank!
Sebutkan 3 keuntungan internet di bidang perbakan bagi nasabah!
 Sebutkan 3 keuntungan internet pelajar!

 
Pilihan Ganda :
1.       Jaringan antar komputer yang saling terhubung namun dalam area atau luas tertentu sering disebut juga dengan…
a.                     Ekstranet                                               c. Intranet
b.       Internet                                                        d. Fleksinet
2.       E-mail dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama..…
 a. Surat jasa                                                       c. Surat elektronik
 b. Surat lampiran                                               d. Surat tembusan
4.   Berkeliling keluar masuk kesitus internet untuk mencari informasi yang menarik sering juga disebut dalam istilah internet yang benar adalah…..
          a. Browser                                                         c. Konstaning Gay
       b. Getwai                                                          d. Surfing
3.       Kegunaan internet pada bidang perdagangan yang benar adalah…..
      a. Pertukaran pelajar                                           c. Peningkatan suku bunga
      b. Perkembangan kecerdasan anak                    d. Promosi alat elektronika
4.       Fungsi dari e-commerce yang benar adalah…
       a. Perdagangan elektronik                                 c. Perjalanan hidup
       b. Perkembangan media masa                           d. Pertukaran data
5.       Kepanjangan dari ARPANET yang benar adalah …  
       a. The Advanced project Net 
       b. The Advenced Research project Agency Network  
       c. The Admint Research Network   
       d. Aventure Reasearch Net  
 

Mengetahui:
Kepala Sekolah,




P A A T, S.Pd


Mataram,   Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,




IMAM ZULKARNAIN. SE,. S.Pd


Materi pelajaran KD 1.1
PENGERTIAN INTERNET
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet dapat berada di mana saja atau bahkan di seluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. Internet singkatan dari interconnected network.

KEGUNAAN INTERNET

1.   Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan
2.   Media untuk mencari informasi atau data
3.   Interne  dapat digunakan siswa untuk mencari bahan pembelajaran di sekolah, BSE (Library online)
4.   (E-learning), media belajar jarak jauh dengan memanfaatkan layanan telconfrance internet
5.   (E-commerce) Khususnya dalam dunia bisnis internet juga digunakan sebagai media promosi. Contoh: untuk image company, pengenalan dan pemasaran produk.
6.   (E-goverment) Dalam berbagai aktivitas administrasi pemerintahan, secara nyata menggunakan internet, ini terbukti dapat mengurangi biaya kertas. Pertukaran data dan informasi dengan sistem administrasi pemerintahan lebih cepat
7.   (E-banking) Internet banking,  Internet juga semakin intensif dalam aktifitas perbankan, seperti untuk baking online yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka
8.   Sebagai media atau sarana permainan dan hiburan, (http://sagytarisal.blogdetik.com/2009/09/27/manfaat-internet-bagi-dunia-pendidikan/)


PENGERTIAN INTRANET

Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan suatu sistem organisasi tertentu. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.
KEGUNAAN INTRANET
1.  Sebagai media komunikasi pada sebuah organisasi tertentu
2.  Sebagai media informasi dan pertukaran data pada sebuah organisasi tertentu
3.  Mempercepat akses informasi ke berbagai lini
4.  Meningkatkan produktivitas kerja.
5.  Adanya penghematan waktu dan biaya dalam penyampaian info dalam organisa

Beberapa perbedaan internet dengan intranet :

  1. Dari segi luas jaringannya
  2. Dari segi informasi yang kita dapatkan
  3. Dari segi pengguna layanannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar